Mengapa Final Fantasy XIV Akan Gagal

Keberhasilan atau kegagalan Final Fantasy XIV tergantung pada satu hal, dan satu hal saja. Sayangnya ini tidak ada hubungannya dengan kedalaman dan variasi dari permainan, gaya visual atau alur cerita. Tidak, malahan MMORPG Square Enix yang baru akan melambung, atau mati di bawah grafik tergantung pada pemasaran. Sayangnya pemasaran Final Fantasy XIV berantakan. Aku akan menjelaskan mengapa.

Yoichi Wada (CEO Square Enix) mengklaim bahwa ia ingin menarik pasar yang lebih global tapi Final Fantasy XIV utamanya telah ditujukan untuk pasar Jepang. Mungkin itu karena Square Enix percaya bahwa jenis MMORPG tidak akan menarik bagi pasar Barat. Itu pikiran konyol yang memberikan keberhasilan MMORPG aslinya, Final Fantasy XI, baik di Amerika maupun Eropa.


Square Enix tampaknya percaya bahwa mereka harus menangani dua wilayah, Timur dan Barat, di dua titik yang sama sekali berbeda waktunya. Sebagai contoh, mungkin Square Enix merasa bahwa ia harus naik banding ke pasar Jepang dengan baik sebelum tanggal rilis dan lebih berfokus untuk menarik ke pasar Eropa dan Amerika begitu mereka dekat dengan tanggal rilis global. Mungkinkah tim pemasaran merasa bahwa dengan melakukan demikian, mereka dapat mengontrol tipe lebih efisien di Eropa dan Amerika?

Beberapa Perbandingan 
Sejujurnya, saya ingin berpikir bahwa Square Enix memiliki beberapa rencana induk untuk pemasaran Final Fantasy XIV ke Eropa dan Amerika, namun saya meragukan hal ini terjadi. Bahkan jika mereka berniat untuk melakukan hal ini, strategi mereka gagal dan pasti ketahuan sebelumnya. Dengan merilis kebanyakan informasi untuk outlet berita Jepang dan tidak ke pasar Eropa dan Amerika, Square Enix menunjukkan bahwa perusahaan tidak peduli konsumen Barat mereka dan bahwa mereka hanya ingin fokus pada sasaran Jepang mereka, setidaknya ini adalah gambar yang mereka kirimkan kepada para pemain masa depan Final Fantasy XIV.

Mengapa Square Enix hany akan berfokus pada gamer Jepang terlihat tidak masuk akal bagi saya dimana pasar Jepang benar-benar kacau. Pada tahun 2009 Pasar Gaming Jepang menyusut 6,9%, kira-kira $5,828,994,686 dengan penjualan permainan terbaik di kawasan tersebut adalah Dragon Quest IX, yang terjual 4.100.968 juta unit. Permainan ini ironisnya diciptakan oleh Square Enix.

Penjualan game terbaik di kawasan Eropa adalah Wii Sports Resort, yang menjual 5.566.488 juta unit. Penjualan game terbaik di Amerika (kejutan!) Call of Duty: Modern Warfare 2 yang terjual 6.048.611 juta unit. Harap dicatat bahwa saya diabaikan Wii Sports sementara berbicara tentang menjual permainan terbaik karena salinan diberikan gratis dengan setiap pembelian Nintendo Wii. Saya tidak berpikir saya perlu menjelaskan lebih jauh, kan? Intinya adalah bahwa baik Eropa dan Amerika memiliki kehadiran yang kuat dalam pasar game dari Jepang.

Tidak ada gunanya berfokus terutama pada pasar Jepang dan mengabaikan Eropa dan Amerika. Mungkin Square Enix percaya bahwa tidak ada permintaan untuk permainan Jepang di Eropa dan Amerika, namun kami tahu ini bukanlah kasus dimana Final Fantasy XIII (FFXIII) telah terjual dengan baik. Pertimbangkan permainan bahkan sebelum dirilis sebulan yang lalu, itu telah diakumulasikan menjadi 1.000.000 penjualan di Amerika dan sekitar 800.000 di Eropa, dan itu hanya untuk PlayStation 3. Pada Xbox 360, game ini telah terjual sekitar 1,14 juta, baik di Amerika maupun Eropa .


Jika Anda tidak percaya angka-angka ini, maka kita bisa mengatakan bahwa Final Fantasy XIII dijual baik di Amerika dan Eropa, hanya dengan melihat grafik software resmi dari tiap daerah. Sebagai contoh di minggu pertama FFXIII berada di puncak grafik di Inggris/UK.

Eksklusif untuk Jepang 
Semua informasi ini menunjukkan bahwa memang ada pasar untuk RPG Jepang. Tentu saja, karena World of Warcraft sukses, kita juga tahu bahwa pasti ada pasar untuk MMORPG.

Mengapa Square Enix kemudian mengabaikan pasar Amerika dan Eropa yang besar  ini? Mengapa situs penggemar harus menerjemahkan berita Final Fantasy XIV dari Jepang ke Bahasa Inggris? Mengapa tidak Square Enix mengumumkan berita FFXIV global, daripada hanya ke Jepang dulu?

Ini adalah pertanyaan yang membingungkan saya. Sungguh tidak terlalu sulit bagi Square Enix untuk melepaskan semua berita tentang Final Fantasy XIV pada saat yang sama secara global. Ini akan menunjukkan bahwa tidak hanya perusahaan memiliki rasa hormat untuk semua daerah, juga akan menunjukkan bahwa para pengembang peduli pada semua orang dan tidak hanya akan fokus dan mendengarkan negeri mereka sendiri.

Untuk perusahaan yang berusaha untuk menarik pasar yang lebih global, Square Enix sepertinya benar-benar mengabaikan siapa saja yang berada di luar pasar Jepang. Tidak akan sulit untuk mengumumkan berita Final Fantasy XIV ke Edge di Inggris, atau Majalah PlayStation resmi di Amerika, pada saat yang sama mereka mengumumkan berita ini ke majalah Famitsu Jepang.


Majalah game Jepang seperti Famitsu, juga memiliki akses untuk uji Alpha Final Fantasy XIV, dan mereka telah diizinkan untuk memproduksi dan menulis artikel pada subjek tersebut. Mengapa Square Enix tidak  melakukan hal yang sama untuk publikasi di Amerika atau Eropa?

Tidak ada Harapan untuk FFXIV 
Alasan mengapa pemasaran Final Fantasy XIV gagal adalah karena Square Enix malas. Mendapatkan informasi kepada orang-orang sekarang lebih mudah dari sebelumnya, dengan internet, seperti yang telah saya sebutkan berkali-kali seluruh artikel ini, benar-benar tidak akan sulit bagi Square secara resmi mengumumkan berita mengenai Final Fantasy XIV secara global.

Agar Final Fantasy XIV sukses, Square Enix harus mulai menarik ke demografis Barat dengan memberikan informasi ke pasar-pasar pada saat yang sama dengan pasar Jepang. Jika game Anda tidak berada di garis depan pikiran para gamer, maka pemasaran Anda telah gagal. Square Enix bisa, dan harus, melakukan lebih banyak untuk menarik penonton hardcore yang membaca setiap kabar penggemar yang diterjemahkan dari Jepang.

Hanya melalui pemasaran global yang sangat ekstensif Final Fantasy XIV akan sukses total. Saya berharap dengan baik. Tunjukkan konsumen Anda bahwa Anda tidak hanya peduli tentang mereka, tetapi Anda menghormati mereka, Square Enix.



_______________________________
By Joshua Temblett (Dontkillmydreams), 
OnRPG Journalist @OnRPG.com

Artikel Sejenis



0 comments:

Post a Comment

Pembaca Setia

Apakah artikel dalam blog ini bermanfaat bagi anda?

Berlangganan

cek email anda untuk link verifikasi berlangganan setelah menekan tombol submit
 
If you're on a slow connection, try Mobile Version
Copyright 2014 WHIZ group. Layout Design By Anshul Dudeja. All Right Reserved.