Cara Untuk Membebaskan Kita Dari Sakit Leher

Pernah mengalami sakit leher? Suatu hal yang tidak menyenangkan, sangat tidak nyaman. Bekerja di depan komputer, menyetir lama di tengah kemacetan, duduk bungkuk di depan tv, membuat hampir 70% orang mengalami sakit leher.
Berikut ini ada langkah sederhana dan efektif untuk mencegah dan mengatasi sakit leher. Terdiri dari :


Ganti Bantal
Baring dengan bantal yang terlalu tebal, terlalu tipis, terlalu keras atau terlalu empuk membuat kepala berada dalam posisi yang tidak alamiah, leher berada dalam sudut janggal selama berjam-jam ketika tidur. The Better Sleep Council menyarankan memilih bantal menurut gaya tidur anda. Jika tidur miring, pilih bantal yang sangat keras. Untuk orang yang tidur telentang, pilih bantal dengan kekerasan sedang. Untuk yang tidur tengkurap, pilih bantal ultra tipis dan ultra empuk.

Tegakkan badan
Postur buruk dapat menyebabkan sakit leher. Jika duduk di depan komputer, sebaiknya kaki menapak di lantai, pinggul menempel di sandaran punggung kursi, kepala dan leher lurus dengan torso. Jika berdiri, jangan bungkuk karena memberikan beban ekstra pada tulang belakang, menyebabkan saraf mengerut. Lebih baik berdiri dengan dada dibusungkan ke luar dan bahu ditarik ke belakang.

Tumpukan lengan bagian bawah
Jika duduk di depan komputer, gunakan papan penyangga lengan bagian bawah yang dipasang di depan keyboard dan risiko sakit leher leher turun sampai hampir 50%. Aksesori ini memperkecil tarikan bahu, mengurangi lelah pada leher.

Dapatkan suplemen minyak ikan
Asam lemak omega 3 alamiah mengurangi inflamasi yang menyebabkan sakit. Dosis yang terbukti efektif dalam studi adalah 2,4 gram setiap hari. Seperti biasa, sebelum minum suplemen baru apapun, konsultasikan terlebih dulu dengan dokter anda. Hindari minyak ikan jika anda minum obat pengencer darah.

Menghembuskan nafas secara perlahan
Area leher dan bahu adalah tempat pertama yang menahan ketegangan. Kabar baiknya, ada cara mudah untuk melepaskannya. Menarik nafas panjang lewat hidung, tahan nafas selama 10 detik, lalu hembuskan secara perlahan lewat mulut. Memperpanjang penghembusan juga mengurangi residu karbondioksida di dalam paru sehingga oksigen penurun stress dan rasa sakit bisa masuk ke paru.

Coba Akupunktur
Dalam sebuah studi, sesudah akupunktur hanya 6 sessi, rasa sakit leher kronik turun 70% pada penderita.

Kuatkan leher
Latihan leher 2 kali seminggu terbukti dapat mengurangi sakit. Caranya: tumpukan siku di meja. Letakkan dahi pada telapak tangan. Tahan 5 hitungan, lalu rileks. Sesudah itu dorong bagian belakang kepala pada tangan selama 5 hitungan. Rileks. Lalu lakukan sekali lagi pada masing-masing sisi dan rileks. Ulangi 5 sampai 10 kali.

Kecilkan Tas
Tas besar mungkin sedang tren, tapi dapat menimbulkan sakit leher. Untuk menghindari sakit, pastikan berat tas kurang dari 3 pon.

Berkebun bebas sakit
Untuk mencegah sakit leher saat berkebun, coba langkah berikut:
- pemanasan : jalan kaki dulu selama 5 menit dapat meningkatkan aliran darah ke otot di seluruh badan, termasuk leher sehingga kurang rentan terhadap cedera.
- gunakan pacul enteng : pegang dengan kedua tangan berjarak 12 inchi untuk mengurangi ketegangan.
-sisir rumput/sampah tanpa berputar: letakkan kaki satu garis lurus searah dengan rumput atau sampah akan disapukan.


_______________________
@Nicemed - Liputan Sehat

Artikel Sejenis



0 comments:

Post a Comment

Pembaca Setia

Apakah artikel dalam blog ini bermanfaat bagi anda?

Berlangganan

cek email anda untuk link verifikasi berlangganan setelah menekan tombol submit
 
If you're on a slow connection, try Mobile Version
Copyright 2014 WHIZ group. Layout Design By Anshul Dudeja. All Right Reserved.