Sedikit Penjelasan Tentang Mitos Pemulihan Data (Data Recovery)

Sebagian dari mereka adalah pengguna / user yang putus asa karena telah kehilangan data mereka, dan sebagian lagi adalah teknisi pemeliharaan yang bukan spesialis dalam pemulihan data, namun mereka semua menghadapi situasi ketika semua usaha untuk memulihkan data mereka atau data klien mereka gagal.
Beberapa dari mereka tidak tahan dengan kenyataan bahwa mereka lupa untuk membalikkan polaritas saat menghubungkan kabel power hard disk, sebagian dari mereka terus menatap layar gelap, berpikir bagaimana itu bisa terjadi: malam sebelumnya PC dimatikan seperti biasa setelah bekerja sepanjang hari tanpa crash sekalipun dan, ketika dinyalakan di pagi hari, hard disk tidak terdeteksi saat setup, komputer tidak bisa boot, dan yang terburuk: tidak ada cadangan /backup yang telah dilakukan!


Beberapa dari mereka tetap keras kepala dengan data klien dengan cara apapun dan berjanji untuk datang dengan solusi.

Pasti ini adalah situasi yang dramatis, dan mereka akhirnya mencoba solusi yang disarankan oleh teman-teman, mencari di Internet, dan sebagian besar dari mereka kadang-kadang "menyusun" dari pikiran logis dan kadang-kadang murni "kepercayaan".

Dan kepercayaan tersebut menyebar dengan cepat – dan banyak. Karena beberapa berhasil dalam memulihkan data mereka dengan menggunakan salah satu kepercayaan tersebut, mereka menjadi semakin kuat dalam segala situasi dan yang sebenarnya lebih kepada sebuah mitos daripada kenyataan, karena dalam banyak kasus mereka dapat menghilangkan beberapa peluang dimana seorang profesional yang baik bisa berhasil memulihkan data yang dengan harga terjangkau, tanpa harus membuka hard drive dalam kamar yang bersih, yang membuat proses pemulihan sangat mahal.

Jadi mari kita lihat beberapa mitosnya, sebagian besar dari mereka ditemukan di Internet, dan kita pisahkan mana yang masuk akal dan mana yang membuat situasi semakin buruk, menghilangkan "kepercayaan".


Mitos "Ketuklah"

Ini mungkin mitos yang paling tertua. Bila hard drive tidak terdeteksi lagi, beberapa orang mengetuknya dengan obeng atau sesuatu yang serupa saat booting.

Kita pernah melihat "prosedur" ini dilakukan dengan hard drive tua, dan hal itu diakui dalam salah satu upaya. Hard disk itu akan bekerja selama beberapa jam dan lalu berhenti untuk selamanya.

 Kami telah menerima beberapa disk dengan beberapa tanda dan penyok di luar, karena puluhan "ketukan".

Kita tidak bisa melupakan bahwa jarak antara kepala pembaca dan permukaan disk semakin pendek seiring berjalannya waktu, dan beberapa disk modern (untungnya sudah dihentikan) menggunakannya cara melonggarkan bagian lengan di mana kita menemukan tempat parkir kepala pembaca dan memegangnya lagi ketika diaktifkan. Biasanya untuk menemukan potongan kepala pembaca yang menyebar di dalam hard disk, pengguna atau teknisi menggunakan solusi "mengetuknya". Potongan-potongan tersebut menggores disk sedemikian rupa sehingga tidak ada cara lagi untuk memulihkan data. Itulah mengapa teknik "mengetuknya" membuatnya semakin buruk: sebelum Anda dapat memulihkan data Anda, setelah menggunakan cara itu pada disk, disk menjadi benar-benar tak dapat diperbaiki.

Inilah yang terjadi: jika diterapkan dengan baik, ketukan tersebut dapat membantu melonggarkan lengan membaca yang mulai terjebak karena beberapa kegagalan di sirkuit tersebut. Mereka harus lembut, tegas, dan sekali saja. Jika tidak bekerja setelah dua kali upaya, Anda harus berhenti. Tidak ada kebrutalan, karena jika masalah bukan pada lengan, ketukan tidak akan membantu sama sekali, dan jika mereka terlalu keras mereka bahkan dapat merusak permukaan disk.


Mitos "Jatuhkanlah"

Mungkin tampak tidak masuk akal, ada beberapa orang di forum di internet yang bersumpah mereka telah "memecahkan" masalah dengan hard drive mereka dengan menjatuhkannya di lantai (dengan karpet) dari meja setinggi 2,8 kaki, dan menggunakan drive tersebut sampai hari ini tanpa masalah.

Kita tidak dapat meragukannya, karena perubahan keberuntungan bisa terjadi. Oleh karena itu kami tidak bisa merekomendasikan atau mendukung setiap cara yang dikatakan seseorang tentang sesuatu yang begitu konyol. Setiap benturan keras, terutama pada drive yang sudah tidak oke dan disaat kita tidak tahu permasalahannya, kita bermain dengan nasib. Mencoba menebak apa kemungkinan masalahnya, tanpa mengetahui apa masalah sebenarnya, benar-benar membahayakan segala kemungkinan untuk memulihkan data.

Jika data yang disimpan bukanlah data penting, bermain dan mencoba teknik non-profesional sangat bermanfaat. Tapi yang lebih buruk saat beberapa orang memberikan nasihat dalam forum diskusi hardware. Beberapa hard drive berhenti bekerja karena jatuh. Tidak ada komentar...


Mitos "Bekukanlah", Mitos "Panaskanlah", dan  Mitos "Firmware"


Mitos membekukan cukup menarik dan masuk akal, namun konsekuensinya adalah sebuah bencana!

Selama pembuatan hard disk drive, diperlukan tindakan untuk mengkalibrasi mekanisme membaca/menulis sehingga kepala bisa diposisikan dengan benar di atas permukaan disk dengan toleransi yang telah ditentukan, yang memungkinkan kepala untuk membaca dan menulis pada track yang benar tanpa ada kesalahan.

Beberapa manufaktur, dalam beberapa model dan seri, merekam semua parameter dalam memori ROM yang terletak di papan logika, atau beberapa bagian dicatat di ROM dan bagian lainnya dalam EPROM atau beberapa jenis memori flash yang ada di dalam drive. Hal ini menjelaskan mengapa berkali-kali penggantian sederhana papan logika yang terbakar dengan papan lain yang identik menggunakan versi firmware yang sama tidak membuat hard drive hidup kembali: sesuatu yang salah di dalam.


Ada juga semacam permukaan yang merekam yang dibuat selama proses manufaktur, yang disebut "servo", yang membantu kepala bergerak ke posisi yang benar. Berkali-kali pabrik perekaman magnetik berubah karena beberapa alasan yang berhubungan dengan bahan permukaan, dan kepala mulai bergerak mundur dan sebagainya.

Seseorang mencurigainya hal itu mempunyai hubungan efek dengan suhu dan memutuskan untuk membekukan hard drive dalam freezer dan kemudian menghubungkannya kembali ke PC, dan bingo! Drive terdeteksi dan bekerja lagi ... untuk beberapa menit. Sesi pembekuan baru dan drive bekerja untuk beberapa menit lagi, cukup untuk menyimpan beberapa megabyte informasi. Kemudian disk berhenti bekerja untuk selamanya.

Kami sudah membaca di forum bahwa ketika kita membekukan hard drive, interiornya "teratur kembali" dan semuanya berjalan kembali di mana mereka berada. Informasi ini cukup masuk akal, karena pencabutan materi akibat suhu rendah dapat membantu kepala membaca menemukan trek lagi, dalam beberapa kasus. Tapi mengapa drive berhenti selamanya?

Karena permukaan magnetik disk itu sangat terdegradasi dan ada saatnya ketika "membekukan/memanaskan" tidak berhasil lagi. Hasilnya: beberapa peluang memulihkan bagian data yang masih baik mungkin pergi ke ruang angkasa. Tidak untuk berbicara tentang kondensasi udara di dalam hard disk (ya, HD memiliki udara bersih di dalamnya, filter untuk mencegah kotoran, dan dehumidifier  sachet). Baca Anatomi Hard Disk Drive untuk melihatnya.


Salah satu mitos yang lebih "merusak". Mengenai mitos memanaskannya, oke ... Saya pikir tidak perlu untuk dikomentari, tapi ada orang-orang yang melakukan dan mendukung kejahatan ini!



Mitos "Kamar Mandi Bersih"

Beberapa orang mengatakan Anda dapat membuat sebuah kamar yang bersih di rumah, di kamar mandi, dengan membuka keran air panas dan mengisi kamar mandi dengan uap, dan pada kondisi tersebut udara akan benar-benar bersih dan Anda akan dapat membuka drive tanpa merusaknya.

Mitos ini sangat baik diuraikan, tetapi juga dapat memiliki konsekuensi tak terduga pada data. Pernahkah Anda memperhatikan bahwa ketika matahari keluar tepat setelah hujan gerimis, udara tampaknya akan bersih? Dan memang, karena tetesan air hujan telah membuat debu di suspensi turun ke tanah. Musuh besar hard disk adalah debu dan kelembaban. Itulah mengapa mereka hanya bisa dibuka di sebuah ruangan bersih kelas 100 (di mana tidak boleh ada lebih dari seratus partikel debu yang ukurannya lebih besar dari 0,5 mikron dalam setiap kaki kubik udara tertentu).

Dan seseorang mengatakan: Aku menyalakan pemanas kamar mandi dalam tingkat panas maksimum beberapa menit, kemudian mematikannya dan menunggu tetesan kecil turun sampai udara menjadi "bersih". Lalu aku membuka hard disk dan menyentuh beberapa bagian, aduk, dorongan, atau bahkan mengganti piringan-piringannya.

Yah, meskipun itu Ide yang cukup baik, namun hasilnya adalah sebuah bencana. Peralatan yang sangat canggih digunakan di ruangan yang bersih dalam rangka untuk memanipulasi bagian hard disk, dalam tekanan, suhu, dan kelembaban yang terkontrol. Semua ini karena kita tidak bisa mengambil risiko membuatnya menjadi semakin buruk, kita harus menyimpan data penting. Jika Anda tidak tahu apa yang harus dilakukan dengan hard drive yang terbuka dan tidak memiliki alat yang tepat untuk menanganinya, pastikan sesuatu yang sangat salah akan terjadi! Tapi kami selalu memberikan kesempatan keberuntungan - hal itu juga bekerja!


Mitos Penggantian Papan Logika Dan Mitos Perangkat Lunak 

Mitos Penggantian Papan Logika

Ada orang yang mengganti papan logika disk dengan papan sejenis dari hard drive yang masih bekerja dalam rangka untuk mencoba untuk menghidupkan kembali hard disk yang rusak.

Ini adalah mitos yang paling masuk akal. Penggantian papan logika yang masih bekerja dalam beberapa kasus di mana kerusakannya terjadi pada eksternal dan firmware yang semua terkonsentrasi di controller. Jadi ada baiknya mencoba, dan jika Anda melakukannya dengan hati-hati ada kemungkinan untuk menyelamatkan data.

Namun, jika drive terdeteksi tetapi pembacaan tidak berhasil, hindari mitos lainnya yang dijelaskan di sini dan kirim hard disk Anda ke layanan khusus, dalam kasus jika data Anda benar-benar penting.

Mitos Perangkat Lunak

 Beberapa perangkat lunak pemulihan data pasti bekerja ketika kita memiliki masalah logika murni. Masalahnya adalah saat menggunakan mereka ketika disk menunjukkan beberapa jenis masalah fisik. Dalam hal ini, perangkat lunak secara otomatis menyapu hard drive dan sekali lagi yang lebih buruk bisa terjadi: kemungkinan terakhir memulihkan tanpa harus membuka disk menjadi sia-sia, karena beberapa sirkuit berhenti bekerja selama pemulihan otomatis semacam ini. Oleh karena itu Anda perlu tahu kapan menggunakan fitur ini.


Mitos Perbaikan Dan Mitos Menukar Piringan

Mitos Perbaikan

Beberapa profesional atau bahkan perusahaan mengumumkan bahwa mereka "memperbaiki" hard drive. Kita tahu bahwa itu mustahil, karena profesional dan perusahaan  tersebut bahkan tidak memiliki tempat yang tepat untuk melakukannya.

Apa yang mereka lakukan, pada kenyataannya, adalah merubah papan logika dan/atau menjalankan program yang menyembunyikan bad sector, yang terkenal "bad blocks" (baca tutorial kami mengenai hal ini). Kemudian mereka memberikan hard disk yang telah diformat dan memberitahu Anda itu sudah "diperbaiki".

Ada industri refurbishing – atau bahkan lebih baik, daur ulang - di negara-negara seperti India, China dan Rusia, namun dalam hal hard drive datang tanpa merek atau dengan beberapa tanda atau tag yang mengatakan "diperbaharui" atau fabrikasi ulang. Kami telah melihat hard drive seperti itu bekerja untuk beberapa tahun dan yang lain hanya untuk beberapa bulan. Disk tersebut, bagaimanapun, benar-benar dibangun kembali dengan menggunakan bagian-bagian dari lebih dari satu disk, beberapa baru dan beberapa telah digunakan, dan mereka baik untuk digunakan dalam negara-negara berpenghasilan rendah, karena mereka jauh lebih murah.

Apa yang ingin kita katakan adalah bahwa hard disk yang diperbaharui atau "diperbaiki" tidak dapat diandalkan. Jika mereka digunakan, mereka tidak akan pernah digunakan untuk menyimpan data penting, tetapi hanya akan digunakan untuk surfing Internet atau sebagai disk stasiun tanpa ada data penting.

Mitos Menukar Piringan

Beberapa orang telah mengatakan kepada kami bahwa mereka sudah membaca di beberapa tempat atau telah mendengar seseorang berkata bahwa hal itu mungkin untuk memulihkan data dari disk yang rusak hanya dengan mencari satu lagi yang persis sama dan mentransfer "piringan" (media, tanpa kepala) dari satu HDA (Hard Drive Assembly) ke yang lainnya.

Hal ini bahkan dapat bekerja jika kita mempertimbangkan faktor-faktor tertentu seperti firmware, seri hard disk drive, dan lain-lain. Namun, yang paling mungkin adalah bahwa data akan hilang selamanya karena banyak alasan lain seperti lingkungan yang tidak tepat, teknik dan alat-alat yang tidak memadai, bagaimanapun, segala sesuatu tidak boleh Anda lakukan karena kurangnya kondisi mutlak dan pengetahuan. Namun, seperti yang selalu kami katakan, keberuntungan adalah kenyataan.


Kesimpulan

Data recovery merupakan bidang khusus dan memiliki alasan untuk itu, karena banyak orang dan perusahaan dapat mengalami kerugian besar jika mereka kehilangan data mereka dalam suatu kecelakaan tanpa adanya cadangan/backup – atau ketika hal itu telah gagal (Hukum Murphy yang terkenal).

Menjadi profesional di bidang ini menuntut investasi yang besar baik dalam penelitian dan dalam peralatan, seperti ruang yang bersih kelas 100. Itulah sebabnya sebagian besar biaya untuk memulihkan data tidak rendah.

Jadi, menjauhlah dari profesional dan perusahaan yang tidak memiliki peralatan yang tepat, karena seperti yang telah kami katakan, jika Anda meninggalkan disk di tangan salah satu dari mereka yang amatir, mereka dapat mengakhiri setiap kesempatan memulihkan data di kemudian hari – itu yang dikenal dengan "Cheap comes dear". Jangan pernah membeli apa yang tidak Anda inginkan karena harganya murah; hal itu akan membuat Anda rugi – Thomas Jefferson.

Dalam beberapa situasi di mana Anda tidak merasa aman untuk mencoba memecahkan masalah dalam hard drive sendiri, carilah perusahaan yang khusus menangani jenis layanan tersebut, jika tidak maka kerugianlah yang hampir dapat dipastikan.

Kami belum menyebutkan kasus-kasus di mana data disimpan dalam array RAID stripping. Upaya sederhana untuk membangun kembali RAID dapat menyebabkan hilangnya data dengan pasti. Jadi kami sarankan Anda menyimpan backup Anda secara terupdate dan menghindari improvisasi ketika ada hilangnya data.

Kami juga mengingatkan Anda bahwa biaya diagnostik dan perkiraan dalam pemulihan data perusahaan yang serius biasanya gratis.


______________________
Penulis: Edson Buriche Coutinho
Tipe: Tutorials

HardwareSecret.com

Artikel Sejenis



0 comments:

Post a Comment

Pembaca Setia

Apakah artikel dalam blog ini bermanfaat bagi anda?

Berlangganan

cek email anda untuk link verifikasi berlangganan setelah menekan tombol submit
 
If you're on a slow connection, try Mobile Version
Copyright 2014 WHIZ group. Layout Design By Anshul Dudeja. All Right Reserved.