Konsep Government (Pemerintah) dan Governance (Pemerintahan/Tata Kelola)


1.     Pemerintah (Government) vs. Pemerintahan (Governance)



Pemerintah (Government)
Government  is a group of people that governs a community or unit. It sets and administers public policy and exercises executive, political and sovereign power through customs, institutions, and laws within a state.” – Business Dictionary, 2013. Pemerintah (Government) adalah sekelompok orang yang mengatur sebuah komunitas atau unit. Yang menetapkan dan mengelola kebijakan publik dan kekuasaan eksekutif, politik dan berdaulat melalui bea cukai, lembaga, dan hukum dalam negara.

Political system by which a body of people is administered and regulated. Different levels of government typically have different responsibilities.” – Merriam-Webster, 2013.
Sistem politik yang mengatur dan mengelola rakyat. Tingkat pemerintahan yang berbeda biasanya memiliki tanggung jawab yang berbeda.

Pemerintahan (Governance)
Governance is the action, manner, or system of governing” – Collins, 2009. Menurut Collins, Pemerintahan (Governance) adalah tindakan, cara, atau sistem sebuah pemerintahan.

Governance means the process of decision-making and the process by which decisions are implemented (or not implemented).” – UNESCAP, 2013.  Tata kelola (governance) merupakan proses pengambilan keputusan dan proses dengan mana keputusan tersebut akan diimplementasikan (atau tidak diimplementasikan).

Jadi dapat disimpulkan bahwa Pemerintah (government) adalah sebuah lembaga atau orang yang memiliki tujuan mengatur dan mengelola pemerintahan (governance). Contoh pemerintah yaitu, Kepala desa, bupati, presiden, dll. Sedangkan tata kelola/pemerintahan (governance) adalah rangkaian proses, kebijakan, aturan, budaya, dan organisasi dalam mengelola sesuatu untuk mencapai tujuan.



2.     IT Governance vs. IT Management



IT Governance
IT governance is senior management's ability to direct, measure and evaluate the use of an enterprise's IT resources in support of the achievement of the organization’s strategic goals.“ – IT Governance Network, 2011. Tata kelola TI adalah kemampuan manajemen senior untuk mengarahkan, mengukur dan mengevaluasi penggunaan sumber daya TI suatu perusahaan untuk mendukung pencapaian tujuan strategis organisasi tersebut.

IT governance is the responsibility of executives and the board of directors, and consists of the leadership, organizational structures and processes that ensure that the enterprise’s IT sustains and extends the organization’s strategies and objectives.” - Leyer and Quigley, 2009. Tata kelola TI adalah tanggung jawab eksekutif dan dewan direksi, dan terdiri dari kepemimpinan, struktur organisasi dan proses yang memastikan bahwa sumber daya IT perusahaan dapat menopang dan memperluas strategi dan tujuan organisasi.

IT Management
IT management is defined by the series of steps, strategies, procedures and practices used to implement and manage information technology in multiple business environments.” – IT Toolkit, 2013. Manajemen TI didefinisikan dengan serangkaian langkah, strategi, prosedur dan praktek yang digunakan untuk mengimplementasikan dan mengelola teknologi informasi di beberapa lingkungan bisnis.

IT management is the discipline whereby all of the technology resources of a firm are managed in accordance with its needs and priorities. These resources may include tangible investments like computer hardware, software, data, networks and data center facilities, as well as the staffs who are hired to maintain them.” – McNurlin, 2009. Manajemen TI adalah disiplin ilmu dimana semua sumber daya teknologi perusahaan dikelola sesuai dengan kebutuhan dan prioritasnya. Sumber daya ini dapat mencakup investasi nyata seperti perangkat keras komputer, perangkat lunak, data, fasilitas jaringan dan data center, serta staf yang dipekerjakan untuk menjaga mereka.

Jadi dapat disimpulkan bahwa Tata kelola IT (IT Governance) merupakan kumpulan proses yang dilakukan eksekutif untuk mengatur dan mengelola sumber daya IT untuk mencapai tujuan organisasi. Sedangkan Manajemen TI adalah sebuah metode atau cara bagaimana mengatur dan mengelola sumber daya IT secara internal.



3.     Hubungan IT Governance dengan Business Management




Business Management is the activities associated with running a company, such as controlling, leading, monitoring, organizing, and planning.” – Business Dictionary, 2013. Manajemen Bisnis adalah aktivitas-aktivitas yang berhubungan dengan menjalankan perusahaan, seperti mengendalikan, memimpin, pemantauan, pengorganisasian, dan perencanaan. Dalam memanajemen bisnis pada perusahaan yang memiliki aset IT, perlu adanya tata kelola IT yang baik pula.

Salah satu fungsi yang paling penting dari tata kelola adalah menyediakan kontrol yang mencegah perilaku ceroboh dalam suatu bagian organisasi dan orang-orangnya. Organisasi dengan tata kelola IT yang baik mendapatkan manfaat seperti peningkatan nilai aset bisnis yang terkait TI. Organisasi yang memiliki tata kelola yang kuat menerima pengembalian modal 20% lebih tinggi pada aset-asetnya. (Pettey and Meulen, 2011).

Sentara Healthcare di Virginia Tenggara terdiri atas delapan rumah sakit, 400 dokter medis multi-spesialisasi, enam kampus rawat jalan, dan 10 fasilitas perawatan jangka panjang. Organisasi ini telah menyadari peningkatan keuangan yang signifikan, keamanan pasien, dan manfaat berkualitas lainnya dari implementasi electronic health record (EHR) di seluruh tempat pemberian perawatan. Beberapa manfaat lainnya termasuk proses perawatan yang efisien menimbulkan penghematan sebesar 9.4 juta USD; migrasi ke lingkungan rekam medis yang paperless menghemat 3.9 juta USD; pelayanan pasien yang membaik dan volume prosedur yang meningkat berefek pada peningkatan pendapatan rawat jalan sebesar 4,4 juta USD, pengurangan dalam waktu jawaban pada penjadwalan call center (71 detik menjadi 10 detik) dan pengurangan tingkat pengabaian panggilan (9% menjadi 3%), penurunan waktu administrasi untuk pemasukan data medis (59 menit menjadi 4 menit), dan menghindari lebih dari 88.000 kesalahan pengobatan yang potensial karena kesalahan pemindaian barcode. (Herman, 2011)

Maka dapat disimpulkan bahwa dengan Tata Kelola IT yang baik sangat membantu dalam pencapaian tujuan manajemen bisnis dimana perusahaan tersebut akan mendapatkan keuntungan dan kesempatan yang ditawarkan IT.

4.    Manfaat belajar tata kelola TI
Dengan belajar Tata Kelola TI, diharap mampu:
-          memahami tata kelola TI dan aktivitas-aktivitasnya
-          mengorganisir pelaksanaan aktivitas terkait dengan pengelolaan TI dengan efektif
-          memastikan kinerja TI sesuai dengan tujuan  utama tata kelola TI
-          mengoptimalkan keuntungan dan kesempatan yang ditawarkan TI
-          mengendalikan penggunaan terhadap sumber daya TI dan mengelola resiko-resiko terkait TI


Daftar Pustaka:
Business Dictionary. 2013. What is Government. (Online). WebFinance, Inc. http://www.businessdictionary.com/definition/government.html. Diakses Februari 2013.
______________ . 2013. What is Business Management. (Online). WebFinance, Inc. http://www.businessdictionary.com/definition/business-management.html. Diakses Februari 2013.
Collins English Dictionary. 2009. Complete & Unabridged 10th Edition. William Collins Sons & Co. Ltd.
Herman, Daniel S. 2011. Managing Healthcare IS Supply and Demand: IT Governance Remains a Top Organizati onal Challenge . Aspen Advisors white paper. (online). http://www.aspenadvisors.net/results/whitepaper/it-governance-best-practices. Diakses Februari 2013
IT Governance Network. 2011. What is IT Governance. (Online). http://itgovernance.com/00/index.php?option=com_content&view=article&id=27:governance&catid=1:latest&Itemid=2. Diakses Februari 2013.
IT Toolkit. 2013. What is IT Management. (Online). Right Track Associates, Inc. http://www.ittoolkit.com/what-is-it-management.html. Diakses Februari 2013.
Leyer, Janeane, and Quigley, Katelyn. 2009. JOnline: Small Business IT Governance Implementation. (Online). ISACA. http://www.isaca.org/Journal/Past-Issues/2009/Volume-4/Pages/JOnline-Small-Business-IT-Governance-Implementation.aspx. Diakses Februari 2013.
McNurlin, Barbara, et. al. (2009). Information Systems Management in Practice. Edisi ke-8. Prentice Hall.
Merriam-Webster, Inc. 2013. Definition of Government. (Online).  http://www.merriam-webster.com/dictionary/government. Diakses Februari 2013.
Pettey, Christy, and Meulen, Rob van der Meulen. 2011. Gartner Highlights Key Elements of an Effective IT Governance Process. (online). Gartner, Inc. http://www.gartner.com/newsroom/id/1724221. Diakses Februari 2013.
UNESCAP. 2013. What is Good Governance. (Online) http://www.unescap.org/pdd/prs/ProjectActivities/Ongoing/gg/governance.asp. Diakses Februari 2013.



Artikel Sejenis



0 comments:

Post a Comment

Pembaca Setia

Apakah artikel dalam blog ini bermanfaat bagi anda?

Berlangganan

cek email anda untuk link verifikasi berlangganan setelah menekan tombol submit
 
If you're on a slow connection, try Mobile Version
Copyright 2014 WHIZ group. Layout Design By Anshul Dudeja. All Right Reserved.