Dalam menulis sebuah paper, biasanya kita diwajibkan mengikuti struktur penulisan dari jurnal yang kita tuju. Berita baiknya, sebagian besar jurnal dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi mempunyai model yang hampir sama. Ada bagian-bagian penting yang menjadi struktur utama yang harus ada dalam paper. Salah satunya adalah Judul, Abstrak, Pendahuluan, Metodologi, Pembahasan, Kesimpulan, dan Referensi.
Bentuk umum seperti itu memang sudah sangat familiar bagi para penulis paper. Namun, bagi Anda yang masih pemula atau masih belajar dalam menulis paper yang baik dan benar, info tentang struktur dari scientific paper pada artikel berikut akan membantu Anda paham apa yang harus ditulis dalam sebuah paper.
(Baca Juga: 7 Tips Jitu Lolos Jurnal Scopus)
1. Title (Judul)
Judul atau title wajib ditulis dengan singkat dan padat, biasanya beberapa jurnal membatasi jumlah huruf dalam paper yaitu maksimal 14 kata. Di dalam judul harus tertulis secara jelas tiga poin yaitu: Problem, Object, & Method.Contoh: Rainfall Prediction in Tengger using Hybrid ANFIS-GA
Problem: Rainfall Prediction, Object: in Tengger, Method: using Hybrid ANFIS-GA.
Dan urutannya boleh dibolak-balik.
Contoh: Hybrid ANFIS-GA for Rainfall Prediction in Tengger
Method: Hybrid ANFIS-GA, Problem: for Rainfall Prediction, Object: in Tengger
Contoh Penulisan Judul Paper |
2. Abstract (Abstrak)
Abstrak adalah garis besar penelitian, ditulis dengan penjelasan singkat dan padat, serta tidak dianjurkan untuk menuliskan rumus. Untuk detail Cara Penulisan Abstrak yang baik, bisa dilihat pada artikel 4 Poin Penting dalam Menulis Abstrak pada Scientific Paper.3. Introduction (Pendahuluan)
Pada pendahuluan ceritakan apa masalah yang akan diselesaikan. Mengapa masalah itu penting atau apa urgensi dari masalah tersebut. Lalu tuliskan solusi Anda serta sampaikan perbandingan keterbaruan (novelty) dari penelitian sebelumnya. Yang terakhir tuliskan apa hasil yang ingin dicapai. Anda penasaran bagaimana pembahasan lebih detail mengenai bagian-bagian penting yang harus ada di pendahuluan? Nah, untuk detail Cara Penulisan Pendahuluan yang baik Anda bisa melihat pada artikel 5 Hal Penting untuk Membuat Pendahuluan yang Baik dan Benar.4. Methodology (Metodologi)
Pada bagian ini jelaskan secara detail metode yang diajukan. Penulisan methodology memang berbeda-beda sesuai dengan bidang ilmu dan metode yang diambil. Anda wajib mengerti dengan baik apa yang dikerjakan. Jika Anda paham, maka tidak akan ada kesulitan berarti dalam menulis methodology. Hanya saja, Anda wajib membedakan cara penulisan metodologi pada laporan skripsi atau thesis dengan penulisan methodology pada paper. Nah, untuk panduan penulisan methodology lebih detail bisa Anda lihat di artikel Panduan Menulis Metodologi pada Scientific Paper.
5. Result and Discussion (Hasil dan Pembahasan)
Pada bagian ini, jelaskan bukti dari hasil hipotesis Anda. Jelaskan juga detail dari skenario pengujian metode Anda dan sebutkan hasil pengujiannya dalam bentuk fakta. Detail Cara Penulisan Result and Discussion dapat dilihat pada artikel Panduan Menulis Result and Discussion pada Scientific Paper.
6. Conclusion (Kesimpulan)
Pada Kesimpulan, ceritakan hasil penelitian yang didapatkan secara singkat dan apa yang bisa dilakukan untuk pengembangan penelitian tersebut kedepan. Intinya, Kesimpulan menjelaskan jawaban dari rumusan masalah dan keseluruhan isi penelitian secara singkat. Cara penulisan kesimpulan yang baik dan benar bisa di lihat pada artikel Panduan Menulis Kesimpulan.
(Baca Juga: 7 Tips Jitu Lolos Jurnal Scopus)
(Baca Juga: 7 Tips Jitu Lolos Jurnal Scopus)
Struktur Scientific Paper |
7. References (Daftar Pustaka)
Yang terakhir adalah penulisan Daftar Pustaka. Untuk publish pada jurnal yang bagus, terutama jurnal yang terindex Scopus, penulisan Daftar Pustaka sangat diutamakan. Selain Daftar Pustaka, penulisan Sitasi juga harus benar. Tapi, bagi sebagian orang, menulis daftar pustaka adalah bagian yang paling menyulitkan dan membosankan. Namun keadaan tersebut hanya dialami oleh orang yang belum tau jika banyak software yang bisa membantu kita dalam menulis Daftar Pustaka.
Nah, untuk detail cara penulisan Daftar Pustaka yang baik bisa dilihat pada artikel Panduan Menulis Referensi pada Scientific Paper. Sedangkan penjelasan mengenai software yang dapat digunakan untuk membantu dalam menulis Daftar Pustaka dan Sitasi dapat dilihat pada artikel Mengenal Software Sitasi Mendeley.
Penjelasan Versi Video:
Terimakasih. Semoga Bermanfaat.
15 April 2019 pukul 04.59
Assslamualaikum WR.Wb bu Ida, cukup membantu memberi informnasi soal jurnal
28 November 2019 pukul 20.48
Walaikumsalam wr wb, Terimakasih untuk apresiasinya. Jika berkenan silahkan Bapak bisa share artikel ini agar lebih banyak orang yang mendapatkan manfaatnya.